Senin, 13 November 2017

Makanan untuk mencegah diabetes


Makanan untuk mencegah diabetes - Penyakit diabetes merupakan penyakit yang serius di era modern ini. Sebagian besar kasus dapat dicegah dengan perubahan gaya hidup sehat. Salah satunya adalah dengan mengontrol berat badan dan makanan yang kita makan.  Ketika penderita diabetes bisa mengurangi minimal 5 persen dari total berat badan maka resiko kadar gula tinggi bisa dikurangi atau angkanya menjadi lebih kecil. Selain itu, bagi penderita diabetes yang bisa menurunkan berat badan maka bisa mendapatkan manfaat lain seperti penurunan kadar kolesterol tinggi dalam darah, pengendalian tekanan darah, mencegah penyakit jantung, energi yang lebih baik untuk tubuh dan juga mempengaruhi psikologis. 

Ada beberapa makanan sehat yang bermanfaat dalam mencegah diabetes. Umumnya makanan-makanan tersebut memiliki indeks glikemik yang rendah dan menyadiakan nutrisi-nutrisi penting bagi tubuh.


1. Kacang-kacangan

Menurut penelitian, mengkonsumsi kacang secara rutin dapat menurunkan risiko diabetes sebesar 21%. Juga memiliki rirsiko lebih rendah terkena penyakit jantung dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsinya. Berikut beberapa jenis kacang yang bisa anda santap diantaranya,

Kacang merah banyak dimasak sebagai campuran untuk sup. Rasanya yang padat dan lezat ternyata sangat baik untuk tubuh karena merupakan makanan rendah kolesterol dan kadar gula darah. Selain itu, kacang merah yang sudah larut bersama serat bisa membantu tubuh mendapatkan pencernaan yang lebih baik. Nutrisi lain yang ditemukan dalam kacang merah adalah zat besi, mangan, fosfor, kalium, kalsium dan natrium yang rendah.


Kacang koro sangat baik untuk mengontrol kadar gula dalam darah dan kandungan serat yang tinggi bisa mendorong sistem pencernaan dalam tubuh. Serat juga bisa membantu mengatur berat badan dan membuat kadar gula dalam darah menjadi lebih stabil. Selain itu kacang koro juga banyak mengandung nutrisi lain seperti makanan yang mengandung magnesium, besi, mangan, kalsium, dan rendah lemak jenuh.


Kedelai hitam mengandung senyawa flavonoid antosianin yang bisa membantu tubuh dalam memperbaiki sel tubuh yang rusak, serat dalam jumlah yang tinggi serta menstabilkan kadar gula dalam tubuh. Serat yang terdapat pada kedelai hitam sangat baik untuk mengontrol kadar kolesterol dan kadar gula dalam darah. Bahkan konsumsi aktif kedelai hitam juga sangat baik untuk wanita hamil.


2. Oatmeal

Penderita diabetes bisa memiliki kesempatan lebih baik dalam mengontrol kadar gula darahnya dengan rutin sarapan oatmeal atau bubur gandum. Sejenis serat yang ditemukan dalam gandum yakni beta-glukan telah menunjukkan efek positif terhadap penderita diabetes. Oatmeal menawarkan serat larut yang dapat memeperlambat penyerapan glukosa dari makanan di perut dan mengontrol gula darah.

3. Sayuran hijau

Sayuran hijau terutama yang berdaun gelap diketahui dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa makan setidaknya seporsi sayuran hijau setiap hari dapat mengurangi risiko diabetes sebanyak 14%. Diantara sayuran tersebut adalah,

- Bayam menjadi sayuran hijau yang sangat baik sebagai makanan untuk mencegah diabetes. Bayam mengandung zat fitokimia, vitamin, mineral, indeks glikemik yang rendah dan berbagi nutrisi lain. Bayam juga mengandung kalori dalm jumlah kecil yang berarti sangat baik untuk mencegah diabetes.


Asparagus adalah jenis sayuran yang sangat menyehatkan karena bisa membantu mengatasi sindrom menopause, kejang-kejang, penyakit jantung, depresi dan menurunkan resiko diabetes.  Sayuran ini juga mengandung rendah natrium dan tinggi beberapa jenis mineral seperti fosfor dan mangan. Asparagus bisa mengatasi dan mencegah diabetes karena mengandung anti inflamasi karena kandungan kromium yang bisa menurunkan kadar gula dalam darah dan meningkatkan produksi insulin.


Brokoli mengandung serat dalam jumlah yang tinggi dan kalori dalam jumlah yang rendah. Brokoli juga mengandung senyawa kimia dari warna hijau non tepung yang bisa membantu tubuh mengatasi kadar gula darah tinggi dan mendukung kesehatan pembuluh darah. Senyawa sulforaphanes bisa membantu tubuh dalam melindungi kerusakan enzim yang bisa merusak sel sehat, mencegah kenaikan kadar gula dalam darah dan membantu meningkatkan kesehatan tubuh. Karena itu brokoli penting untuk penderita diabetes.


4. Buah-buahan

Seperti yang kita ketahui, buah-buahan adalah makanan yang menyehatkan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penderita diabetes cenderung memiliki kadar vitamin C yang rendah dalam tubuh mereka. Oleh karena itu, buah-buahan yang tinggi vitamin C sangat baik untuk mencegah diabetes. Seperti,

- Jeruk yang kaya akan vitamin C adalah salah satu pilihan makanan yang baik untuk dikonsumsi penderita diabetes, buah jeruk memiliki sifat seperti insulin yang dapat mencegah diabetes tipe 2.


Aprikot adalah buah yang banyak mengandung nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, tembaga, kalium dan mangan. Aprikot juga mengandung zat manis yang alami sehingga tidak akan meningkatkan kadar gula darah. Kandungan nilai indeks glikemik buah aprikot juga sangat rendah yang berarti bahwa tidak ada resiko kenaikan kadar gula darah. Selain itu kandungan serat pada aprikot juga bisa bermanfaat untuk mendukung pencernaan sehingga membuat metabolisme tubuh menjadi semakin kuat.


Buah pisang bisa menjadi buah pencegah diabetes dan bukan seperti mitos kebalikannya yang sering mengatakan buah pisang buruk untuk diabetes. Pisang sangat ideal karena : makanan yang mengandung kalori rendah, tinggi serat, kalium, vitamin B6, makanan yang mengandung vitamin C. Vitamin C bisa membantu tubuh mengontrol tekanan darah dan menjaga sistem kekebalan tubuh. Kandungan pati dalam buah pisang sangat baik untuk menjaga kadar gula dalam tubuh serta membantu mengatasi diabetes.


5. Ikan

Penelitian mengatakan bahwa makan ikan dapat membantu meningkatkan sensitifitas insulin karena mengandung asam lemak dan omega 3 yang tinggi. Ikan bisa membantu menurunkan konsentrasi glukosa. Selain itu, ikan adalah sumber protein rendah lemak. Beberapa jenis ikan yang disarankan adalah seperti ikan salmon, ikan mackerel, ikan tuna, ikan haring, dan ikan sarden.  Jenis ikan tersebut mengandung sumber omega 3 sangat baik sebagai makanan untuk mencegah diabetes.

6. Yogurt rendah lemak

Yogurt yang rendah lemak dan gula juga merupakan salah satu makanan yang efektif memperlambat kenaikan gula darah yang tidak sehat. Penderita diabetes dapat menikmatinya sebagai camilan sehat yang dapat disantap ketika lapar.

Makanan yang dapat mencegah diabetes tidak terbatas hanya pada makanan diatas, masih banyak makanan lainnya yang memiliki peran positif terkait penyakit diabetes, anda bisa berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter. Semoga artikel ini bermanfaat.


#Diabetes#jantung#kolesterol#penyakitdiabetes

Tidak ada komentar:

Posting Komentar